Donor Darah Memperingati HUT Ke 56 Angkasa Pura I dan Mendukung Bulan K3 Nasional 2020

Kesempatan tidak akan pernah datang dua kali, maka kerjakanlah apapun itu. Mulailah berpikir untuk saat ini dan kedepannya kebaikan apa yang telah Anda kerjakan untuk membantu orang lain. Percayalah ringan tangan akan mendatangkan rezeki anda -Niswatun (ibu saya)-
Kegiatan Donor Darah Lobi Terminal Lombok International Airport  

Dalam rangka memperingati HUT ke - 56  dan mendukung bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2020 PT Angkasa Pura I International Lombok mengadakan kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) daerah Lombok Tengah, Kegiatan Donor Darah ini bertempat di Gedung Lobi Terminal Lombok International Airport pada hari Kamis, 30 Januari 2020. Acara yang diadakan mulai pukul 8:30 WITA hingga 14:00 WITA berhasil menarik antusias peserta. Sejak dibukanya pendaftaran Donor darah sudah banyak orang yang berbondong-bondong untuk mendaftarkan diri sebagai donatur darah. 

Total pendonor yang mendaftarkan diri sebanyak 117 orang. Dari total peserta tersebut, yang memenuhi kriteria medis donor darah sebanyak 66 orang. Terdapat 51 orang yang batal menjadi pendonor dikarenakan kondisi fisik yang kurang mendukung, misalnya kadar hemoglobin dan tekanan darah yang rendah.

Dikutip dari laman Tempo, data WHO menunjukan bahwa kebutuhan darah di Indonesia pertahun mencapai 5,1 juta kantong darah, sementara yang terpenuhi hanya sekitar 4,2 juta kantong darah. Angka yang kurang dari ini mengakibatkan banyak rumah sakit sering mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan transfusi darah. kurangnya ketersediaan darah diperkirakan merupakan akibat dari rendahnya kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya. padahal, manfaat donor darah tidak hanya dirasakan oleh penerima donor saja melainkan juga pedonor. 
Ibu Maria Lopulalan SMS & OSH mengatakan hasil Donor Darah yang terkumpul akan di kembalikan ke PMI untuk di serahkan ke salah satu rumah sakit yang berada di Lombok Tengah.

Mungkin bagi beberapa orang yang belum pernah mencoba sebagai donatur darah seperti saya dengan beragam alasan mulai dari merasa ketakutan seperti takut terhadap jarum suntik hingga takut darahnya habis. 
Saya pribadi belum pernah menjadi donatur darah dikarenakan takut terhadap jarum suntik, tetapi kali ini saya mencoba untuk melawan ketakutan saya, selang beberapa jam kemudian saya bertekat mendaftarkan diri sebagai salah satau donatur darah tetapi, kali ini saya kurang beruntung dikarenakan tensi saya rendah sekitar 90 salah satu penyebab yaitu saya kurang beristirahat dengan cukup (sering bergadang)

Masih banyak orang diluar sana yang belum paham atau belum tahu tentang manfaat dari donor darah selain membantu sesama, juga dapat membuat tubuh  menjadi lebih fit karena produksi darah diperbarui, selain itu tekanan darah lebih stabil. beberapa Manfaat lainya bagi pendonor sebagai berikut :
  1. Mengurangi penyakit jantung
  2. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah
  3. Menurunkan risiko kanker
  4. Meningkatkan produksi darah
  5. Membuat pikiran lebih stabil
  6. Bagian dari periksa kesehatan
  7. Menjadi lansia yang sehat
  8. Menurunkan kolesterol, dan 
  9. Manfaat donor darah untuk mempercepat proses pemulihan luka
Terlihat puluhan karyawan yang bekerja di Bandar Udara International Lombok  berdatangan dengan berbondong-bondong memadati gedung Terminal untuk mendonorkan darahnya. Para peserta bukan hanya berasal dari kalangan pegawai Angkasa Pura Airports, namun juga berasal dari pegawai anak perusahaan, serta istansi-istansi di sekitar Angkasa Pura Airport seperti Gabura, Airnav, Angkasa Pura Suport, dan ada juga dari Penumpang Arrival dan Departure. sebagian besar yang mengikuti donor darah adalah pedonor aktif.



Lombok Tengah, 30 januari 2020. 

Post a Comment

1 Comments